Selasa, 18 Juni 2013

CARA AGAR BURUNG ANDA CEPAT BUNYI atau BERKICAU

  Mungkin para pecinta kicau burung semua merasa STREESS apabila para pecinta kicauan semua mendapati burung yang di pelihara selama berbulan bulan bahkan sampai tahunan membisu atau belum pernah mendapati burung kesayangan anda semua mengeluarkan nyanyian indahnya.


Nah....kali ini saya akan coba berbagi tips yang berbeda dari yang lain di mana burung kesayangan anda Akan terangsang untuk mengeluarkan nyanyian indahnya.

1.Dalam merawat burung agar mau berkicau pertama yang harus di perhatikan adalah kesehatan burung tersebut,pastikan burung kesayangan anda tidak sakit fisik ataupun non fisik.

 contoh gambar burung yang sehat.
yang di maksud sakit fisik di sini adalah luka pada tubuh si burung tersebut.bisa di akibatkan dari banyak hal.
kemudian yang saya maksud sakit non fisik adalah burung yang stres akibat belum adaptasinya burung pada anda ataupun lingkungan sekelilingnya.
Adapun cara cepat menyembuhkan stres pada burung yang baru d beli atau di tangkap bisa jadi gampang gampang susah.karna meskipun dengan seiring waktu meskipun burung sudah tidak merasa stres,Akan tetap glabakan jika ada di dekati orang.

2.burung akan enggan berkicau apabila masih merasa takut pada manusia,adapun si burung mau berkicau itupun dengan mencuri curi waktu saat dia merasa tidak ada orang di sekelilingnya.
inti dari semua itu adalah jadikan burung anda terbiasa dengan kehadiran manusia di sekelilingnya atau jinak.
nah untuk membuat burung  cepat jinak perlu waktu extra bagi anda untuk memberikan perhatian khusus pada burung kesayangan anda.salah satu caranya adalah selalu gantang brung di keramain,bisa di depan rumah yang sering di lalu lalangi kendaraan atau di dalam rumah yang sering di lewati anggota keluarga dalam beraktifitas dengan ketinggian sekitar 2m dari lantai.jangan malah di asingkan di tempat yang sepi dengan alasan takut bulu burung rusak,tenang aja bulu burung seperti rambut yang bisa tmbuh lagi,jadi jangan takut.
mandikan burung tiap pagi sekirar 1jam lamanya.bisa di semprot atau keramba sampai basah kuyup,jangan di mandikan malam hari dulu,sebagian orang menganjurkan mandi malam pada burung agar cepat jinak tetapi cara tersebut gak 100 % benar,tergantung karakter burungmasing2  bisa bisa malah gelabakan permanen,karna gak jarang burung yang tadinya sdah mulai bunyi malah over stres setelah di mandikan malam.
3.Dari extra fooding.jika brung pemakan serangga seperti muray batu,cendet,dll jangan telat dengan pemberian jangkrik 5-5 p/s,dan selalu berikan kroto3 sendok makan min 4 hari sekali.dan untuk pemakan bijian sprt kenari berikan EF seperti sawi putih dan apel merah lunak di berikan berslang seling atau gantian agar gak bosen,kroto 2 sendo teh min 2 minggu sekali.penjemuran 1.5 jam per hari wajib,agar burung tidak kegemukan karna jika kenari kegemukan kenari akan malas ntuk bunyi.
inti dari semuanya jika anda ingin burung kesangannya rajin berkicau adalah burung sehat,jinak,EF dan penjemuran yg pas dan tepat.

       demikian tips yang bisa saya bagikan.apabila ada salah dalam saya menulis atau jabarkan  mohon di maafkan atau koreksinya karna saya juga manusia biasa yg tidak luput dari salah.
salam manuk cahyoyoyoyo......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar